Tuesday, June 5, 2007

Insomnia

Mungkin banyak dari kita yang mengalami penyakit susah tidur, atau biasa disebut insomnia,.
Insomnia adalah suatu gangguan tidur yang dialami oleh penderita dengan gejala-gejala selalu merasa letih dan lelah sepanjang hari dan secara terus menerus (lebih dari sepuluh hari) mengalami kesulitan untuk tidur atau selalu terbangun di tengah malam dan tidak dapat kembali tidur. Seringkali penderita terbangun lebih cepat dari yang diinginkannya dan tidak dapat kembali tidur. Ada tiga jenis gangguan insomnia, yaitu: susah tidur (sleep onset insomnia), selalu terbangun di tengah malam (sleep maintenance insomnia), dan selalu bangun jauh lebih cepat dari yang diinginkan (early awakening insomnia). (Sinar Harapan)

Kita termasuk yang mana,.?? Naaah, ngomong-ngomong masalah gangguan tidur, terus terang saya ini termasuk kedalam sleep onset insomnia, karena setiap hari saya baru bisa tertidur sekitar jam 5 pagi, paling cepat jam 3an saya tidur,. Yang akibat nya saya bangun jam 2 siang,. mmhh...untung kuliah saya kebanyakan masuk sore, jam 15.20.

mungkin saya punya tips cara untuk mengatasi insomnia ini...
  • Tentukan jam tidur malam Anda setiap harinya dan lakukan dengan rutin. Buat jadwal tetap dan tidur sampai bangun setiap harinya, sehingga lama-lama badan akan terbiasa untuk tidur di jam tersebut. Misalnya, tentukan waktu tidur malam jam 10 setiap harinya maka lambat laun setiap jam 10 rasa kantuk sudah akan menyerang.
  • Buat tempat tidur senyaman mungkin. Gunakan kasur, bantal dan sprei yang lembutdan empuk. Posisi bantal yang tepat dapat menentukan kadar kenyamanan. Atau tidurlah dengan posisi apa pun yang disukai agar istirahat optimal.
  • Sebaiknya tidak menempatkan televisi di dalam kamar tidur karena dapat membuat Anda terus terjaga.
  • Hindari minum kopi, teh atau minuman beralkohol sebelum tidur karena kandungannya justru membuat tubuh terus terjaga. Sebaiknya minum segelas susu hangat untuk mengundang kantuk.
  • Tenangkan hati dan pikiran dengan tidak memikirkan segala permasalahan atau pekerjaan yang sedang dihadapi. Alihkan konsentrasi dengan membaca buku atau komik yang ringan.
  • Hindari menonton film yang menegangkan, seram, atau sedih karena secara tidak langsung emosi Anda terpengaruh.
  • Bila tidak bisa tidur di dalam gelap gunakan penerangan yang temaram. Cara ini sering berhasil dilakukan banyak orang karena menciptakan efek halusinasi untuk segera mengantuk.
  • Lakukan relaksasi, seperti melakukan yoga, meditasi atau mendengarkan musik yang mengalun lembut untuk membantu agar rileks dan nyaman.
  • Apabila sampai 30 menit masih belum tertidur juga, lakukan aktivitas lain yang sifatnya ringan, seperti menonton televisi atau membaca buku. Jangan paksakan tubuh untuk mengantuk karena justru akan menambah ketegangan dan semakin terjaga.
(Kompas)

No comments: