Monday, March 12, 2007

Hati

Rasulullah SAW. bersabda : "Dalam diri anak Adam ada segumpal daging. Bila ia baik, akan baiklah seluruh jasadnya dan bila ia buruk, akan buruklah seluruh jasadnya. Ingat ia adalah hati"


Adapun jenis nafsu yang berdomisili serta berekskursi di mikro kosmos organ jasmani manusia terdiri atas sifat fujur (buruk) serta taqwa (baik), yaitu Nafsu Ammarah, Lawwamah, Sawwalat, Sawwiyah, Muthmainah, Radhiyah serta Mardhiyah.

  • Nafsu Ammarah(nafsu binatang) meliputi sifat-sifat seperti Ath’imah (banyak makan); Asyrabah (banyak minum); Nawaa–im (banyak tidur); Jimaa’ (banyak kawin).
  • Nafsu Lawwamah(nafsu setan yang mendekam pada diri manusia) berkisar pada sifat ghadab, ghibah, namimah, hasud, ‘ujub, takabur, riya’, cinta dunia, harta dan tahta.
  • Nafsu Sawwalat(nafsu iblis) nafsu inilah yang selalu menggoncangkan akidah orang yang sedang meniti syari’at Islam. seiring dengan sifat–sifat kasal(malas), futur, malal, sum’ah serta hijab(halangan/sekat).
Tiga nafsu diatas adalah fujur atau buruk alias jiwa yang diilhami kekejian. Hati- hatilah dengan tiga nafsu tersebut, wahai para salikin … !!!

  • Nafsu Sawwiyah(nafsu malaikat) yang terdiri dari sifat–sifat khauf, taqwa, raja’, zuhud, tawadhu, shabar, syukur, mahabbah, ridha, tawakal dan ikhlas.
  • Nafsu Muthmainnah yang berbusana arif billah, arif linafsih, dan berdiam pada mahligai khalifah fiil ardh.
Dua nafsu tersebut yang menghiasi tujuh anggota sujud manusia dengan akhlak mahmudah sebagai fitrah insan fii ahsani taqwiim (Manusia yang sebaik-baik kejadian).

  • Adapun nafsu Radhiyah dan Mardhiyah disebut nafsu “lathifatur rabaniyah” yakni nafsu ketuhanan yang sangat halus dan lembut meliputi ruh insan kamil.

diambil dari web akmaliah.com



No comments: